tips kesehatan

Bahaya Penggunaan Kipas Angin Saat Tidur

tips kesehatanCuaca yang panas dan membuat badan menjadi terasa gerah menjadikan setiap orang memilih kipas angin untuk memberikan kesegaran dan menjaga kondisi tubuh agar tetap segar. Selain menggunakan kipas angin untuk menggerakkannya menjadi angin yang segar ternyata dapat pula menggunakan AC. Namun, bagi Anda yang kerap kali menggunakan kipas angin sebagai alat penyegar ruangan sebaiknya perhatikan ulasan singkat mengenai bahaya menggunakan kipas angin sepanjang malam terutama  pada saat kondisi waktu Anda tertidur pulas.

Apa Saja Bahaya Penggunaan Kipas Angin Saat Tidur Malam Hari?

Terlalu sering bersentuhan dengan kipas angin pada saat beristirahat terutama pada malam hari ternyata dapat menimbulkan berbagai resiko tidak baik untuk kesehatan. Tanpa sadar setiap orang tidak berfikir bahwa penggunaan kipas angin secara terus menerus dapat menimbulkan resiko yang berbahaya. Penggunaan kipas angin sepanjang waktu tidur maka akan menimbulkan berbagai masalah seperti resiko kelumpuhan (Bella palsy). Penyakit kelumpuhan ini bukan terjadi terhadap tubuh melainkan pada wajah ketika kipas angin secara terus menerus dan kontinu yang mengakibatkan wajah kaku dan kesulitan untuk tersenyum. Selanjutnya, kipas angin yang digunakan sepanjang malam dapat menyebabkan terjadinya kekurangan pasokan oksigen, kulit menjadi kering, dehidrasi atau tubuh kekurangan angin, infeksi saluran pernafasan, nyeri otot dan lain sebagainya.

Untuk menghindari resiko dalam penggunaan kipas angin sepanjang waktu tidur Anda maka beberapa langkah berikut dapat Anda lakukan seperti tidak menggunakan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, karena memiliki pengaruh pada jumlah oksigen dan karbondioksida yang ada di sekitar wajah, maka tidak baik jika kipas angin diarahkan tepat di depan wajah Anda, menggunakan kipas angin yang memiliki setelan timer sehingga dapat dimatikan secara otomatis setelah Anda tertidur pulas. Namun, apabila Anda tidak memiliki kipas angin yang memiliki timer maka sebaiknya hindari penggunaan kipas angin ke arah wajah atau tubuh Anda secara langsung untuk mengurangi resiko yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Related posts: